Cara Menabung Untuk Membeli Rumah

Memiliki rumah sendiri sudah pasti menjadi target dan keinginan yang ingin dicapai kebanyakan semua orang, terutama untuk kamu yang sudah berencana untuk menikah atau bahkan untuk kamu yang sudah bosan tinggal dirumah kontrakan atau juga bosan tinggal bersama orangtua atau mertua dan siap untuk menjalani keluarga sendiri (Mandiri). Rumah merupakan investasi properti terbaik. Bukan sekedar nilai kekayaan yang melekat pada rumah, namun apa yang dapat diberikan rumah bagi kondisi kejiwaan seseorang.

Bagaimana cara membeli rumah dengan gaji kecil atau gaji sesuai Upah Minimum Regional (UMR)?

Dengan gaji sesuai UMR (Kita ambil UMR DKI Jakarta), untuk daerah DKI Jakarta UMR 2016 yaitu  Rp. 3.100.000, bagaimana cara yang paling tepat mempersiapkan diri untuk menebus rumah impianmu sendiri?
Berikut ini yang bisa Anda lakukan agar bisa membeli rumah dengan kondisi gaji kecil.

Sisihkan Minimal 30% Dari Gaji Untuk Menabung



Mungkin hal seperti ini dianggap sepele, tetapi kalau kamu belum merencanakan dan memulai untuk menabung, mustahil kamu bisa dapatkan impianmu, termasuk membeli rumah sendiri.
Gajimu: (misalkan) 3.000.000 
Menabung 30% x 3.000.000 = 900.000 Jadi, Kamu menabung setiap bulan sebesar Rp. 900.000
Misalkan Kita tabung selama dua tahun
Tabungan 2 tahun: 900.000×24 = 21.600.000

Setelah Kita nabung sekitar dua tahun, uang tersebut kita investasikan.
 
Menabung Dengan Emas atau Investasi


Banyak jalan yang bisa kamu ambil untuk investasi, salah satunya adalah dengan investasi emas.
Emas saat ini memang masih menjadi primadona investasi jangka pendek paling tepat.
Harga emas untuk hari ini 26 Januari 2016 adalah RP. 493.254/gr. Dengan jumlah tabunganmu selama dua tahun itu Rp. 21.600.000, (Rp. 21.600.000 dibagi RP. 493.254) kamu bisa dapatkan emas sekitar 43,79 gram! itu selam kamu nabung dua tahun. Kalau kita setiap nabung dengan membelikan emas.
Nilai emas tumbuh sebesar 15-20% /tahun. Sementara nilai properti tumbuh 10-15% /tahun. Artinya, emas yang kamu punya akan mengalami pertumbuhan nilai yang lebih cepat dibandingkan dengan rumah incaranmu.

Caranya dengan menghitung berapa harga rumah dan berapa gram emas yang bisa dibeli dengan sejumlah uang tersebut. 

Untuk mudahnya kita gambarkan sebagai berikut. Misalnya 5 tahun mendatang Anda ingin membeli rumah seharga 700 juta. Berarti harga rumah tersebut kemungkinan masih 400 jutaa-an. 

Fokuslah membeli emas senilai 400 juta tadi. Karena 5 tahun mendatang harganya bisa mencapai 700 juta atau lebih. Dengan menjual emas 5 tahun ke depan, nilai emas itu sendiri sudah mengalami kenaikan luar biasa. 

Investasikan Uangmu

 
Sebenarnya cara ini merupakan dengan cara yang terbaik membeli rumah. Yakni dengan menginvestasikan uang Anda. Meskipun gaji kecil, jangan pernah berkecil hati. Anda tetap bisa membeli rumah. Mari kita hitung-hitung yang sudah di perhitungkan 30% dari gajih di atas (Rp. 21.600.000/2 tahun). Misalnya Anda memiliki tabungan selama 2 tahun sejumlah Rp. 21.600.000. Cari tanah di daerah potensial: harga murah namun perkembangannya cepat. Tambahkan lagi uang sejumlah Rp. 21.600.000 tersebut menjadi lebih banyak, mungkin sekitar 30-40 juta-an agar lebih mudah mendapatkan tanah lebih mudah. Biarkan selama 3 atau 5 tahun ke depan. Harga tanah tersebut akan terus melambung tinggi. Jika Anda menjualnya, hasilnya bisa membeli rumah sekaligus tetap masih bisa membeli tanah lain lagi.

Temukan Rumah Yang Sesuai Kebutuhanmu, Bukan Keinginanmu



Menemukan rumah yang sesuai denga kebutuhan memang membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Pertimbangkan segala aspek yang mendukung, Kita harus memperhatikan aspek-aspek seperti bebas banjir dan lokasinya strategis. Yang terpenting, sesuaikan dengan budget tabungan kamu atau bisa juga di tambahdengan tabungan pasanganmu (kalau yang sudah punya pasangan).
Setelah 2-3 tahun, nilai investasi emas dan tabunganmu tentu akan cukup untuk melunasi jumlah DP untuk rumah idamanmu. Apabila sudah cukup untuk DP dan bersiaplah untuk cicilan bulanannya.
Hehehehehe
 

Masih Banyak Jalan Menuju Roma



Selain investasi tabungan atau emas, masih banyak yang bisa kamu lakukan sebagai cara membeli rumah sendiri. Salah satunya adalah dengan membuat usaha sampingan. Pikirkan jenis usaha yang sesuai dengan kegemaranmu agar usahanya tidak merugi, pasti kamu akan selalu memiliki motivasi. Karena untuk membuat usaha bukan dorongan dari orang lain tetapi dorongan dari diri sendiri.

Akselerasi Karir



Ini adalah cara lain agar mampu membeli rumah, gaji kecil yang kita terima setiap bulan harus berubah. Ya, berubah menjadi lebih besar. Caranya dengan akselerasi karir. Tingkatkan kinerjamu untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dengan gaji yang lebih baik juga.
Anda harus menemukan pekerjaan yang secara rasional memberikan kemampuan membeli rumah. Akselerasi karir adalah akselerasi finansial. 


Rencanakan dan Jalankan

Kita harus selalu mengedepankan visinya untuk memiliki rumah sendiri, Kita harus merencanakan segala sesuatunya secara mendetil. Dari perencanaan menabung, hingga bagaimana membayar cicilan perbulan tepat waktu.
Anda dapat melakukan hal-hal di bawah ini 
  • Membiasakan diri menabung
  • Menabung dalam bentuk emas
  • Investasi tanah dengan harga murah
  • Akselarasi karir
Itulah beberapa cara membeli rumah dengan gaji kecil. Mungkin masih banyak lagi cara membeli rumah dengan cara yang lain.

Post a Comment

0 Comments